Acara Penerimaan Dan Penyerahan Jama'ah Haji Kabupaten Kepulan Aru Tahun 1445 h/2024 Masehi 
Kepulauan Aru, reporterdesa.com - Buah Manggis, buah duku dimakan bersama, enak rasanya selamat datang kakanda dindaku kumpul bersama, Keluarga tercinta kata Bupati Kabupaten Kepulauan Aru dalam mengawali sambutanya pada Acara bersama di Gedung Sarkwarisa Dobo rabu (17/7/2024).
Hadir dalam acara tersebut pimpinan dan Anggota DPRD Kab Kep, Aru unsur Forum Koordinasi pimpinan Daerah Kabupaten Kepulauan Aru, para staf ahli Bupati, asisten Sekda dan pimpinan OPD lingkup Kabupaten Kepulauan Aru; pemerintah pejabat TNI/POLRI dan Instansi vertikal Kepala Kantor kementerian Agama unsur forum kerukunan umat beragama
Ketua Mui ketua majelis pekerja Klasis GPM PP.Aru: Perwalilan Wakil Uskup Wilayah Kepulauan Aru, para Imam, Ta'mir Masjid dan Alim-Ulama Sekota Dobo serta Panitia pelaksana, para Jamaahon haji kaum muslimin dan muslimah serta, undangan lainya.
dr.Johan Gonga Mengucapkan Syukur Alhamdulillah, kita persembahkan kehadirat Allah SWT, Tuhan yang Maha Kuasa atas izin serta ridho-nya, pada hari ini telah tiba dengan selamat dalam keadaan Sehat Wal'fiat di Dobo, / Jamaah Haji Kabupaten Kepulauan Aru yang telah menunaikan Ibadah haji ditanah suci. selesai.
Di katakan atas nama Pemerintah Kabupaten Saya Mengucapkan "selamat datang kembali ke tanah Air, Jargaria tercinta kepada Jamaah haji asal Kabupaten Kepulauan Aru, tahun 1445 hijriah/2024 masehi, semoga menjadi haji Mabrur, seluruh amal kebaikan Jemaah haji di terima Allah SWT, serta Makbul doa doanya “ Saya mengajak kita semua untuk ber-refleksi peristiwa selama melaksanakan ibadah haji sampai kembali ke tanah air, dan tiba kembali di Bumi Jargaria Sarkwarisa, hendaknya di renungkan sekaligus dijadikan pengalaman berharga, bagi mereka yang belum menunaikan rukun Islam yang kelima, untuk mendapat bekal pengetahuan dan pengalamannya dan akan memperlancar Jalannya ibadah haji nantinya.

Gonga berharap Para Jamaah bisa menjadi teladan di tengah masyarakat, dengan predikat haji dan hajjah yang Mabrur, pesan saya semoga para Jama'ah bisa menjadi teladan di tengah masyarakat, keluarga, dan bisa menjadi penyejuk keamdamain, bagi masyarakat kita, dalam kehidupan sehari-hari.

mencerminkan sikap perilaku sebagi haji dan hajjah yang mabrur, merupakan tanggung jawab iman bagi bapak/ibu/saudara// guna meningkatkan amal perbuatan yang baik, khusus kepedulian dalam kegiatan keagamaan dan kegiatan kemasyarakatan, agar dapat terwujud tatanan masyarakat yang baik dan teratur, serta mampuh mengamalkan ajaran dan nilai-nilai agama islam. saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-sebesarnya, kepada seluruh penyelenggara urusan pemberangkatan dan haji, panitia pemulangan haji Kabupaten Kepulauan Aru, pada kegiatan haji tahun ini, semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa akan memberikan pahala yang setimpal dengan amal pelayanan Bapak/Ibu sekalian.

Olehnya sekali lagi atas nama Pribadi, dan Keluarga, bersama semua Jajaran Pemerintahan Kabupaten Kepulauan Aru, mengucapkan selamat datang di Sarkwarisa, bumi kepada Bapak Ibu saudara jamaah Haji serta ucapan selamat berbahagia atas pelaksanaan ibadah kiranya amal ibadah Bapak Ibu saudara - saudari diterima oleh allah SWT, Tuhan yang Maha KUASA.

Sebagaimna pantawan rri co.id di bandara Rargamar Dobo 49 ORANG JAMAH HAJI tiba dengan selamat dengan mengunakan Maskapai Penerbangan WINGS AIR setelah tiba di bandara kemudian Jamah haji di lakukan Penerimaha oleh Pemerintah Daerah, juga pihak keluarga Jamah haji,tambur dan sawat ikut meramaikan situasi penjemputan saat itu. dan selanjutnya di arahkan ke Gedung Sarkwarisa Dobo Guna di lakukan acara pelepasan jamah haji kepada pihak Keluarga. acar berlangsung dengan aman dan lancara  dan tidak luput dari peran TNI,POLRI untuk dapat melaksanakan tugas mengamankan situasi jalannya kegiatan penjemputan.( SM )