Bupati Johan Gonga Lantik Ratusan Pejabat di Pemda Kepulauan Aru 
Kepulauan Aru, reporterdesa.com-bupati kabupaten Kepulauan Aru Johan Gonga Lantik 124 pejabat Administrator, Pengawas dan Fungsional dilingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Aru diambil sumpah janji dan dilantik, Jumat (22/03/2024).

Pelantikan ratusan pejabat oleh Bupati Kepulauan Aru, dr. Johan Gonga tersebut berlangsung di lantai II BPKAD Aru dan dihadiri Sekda Jacob Ubyaan dan pimpinan OPD lingkup Pemkab Kepulauan Aru.

Bupati Johan Gonga dalam sambutannya mengatakan, pengukuhan dan pelantikan pejabat ini dimaksudkan untuk menghindari potensi stagnasi dan kesenjangan operasional, dalam pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan, terutama pelayanan publik agar tetap berjalan dengan baik.

"Sejalan dengan semangat reformasi birokrasi yang terus digulirkan, maka kita sebagai aparatur pemerintah dituntut untuk menerapkan sistem tata kelola pemerintahan yang baik, bersih, transparan dan akuntabel yang dibarengi dengan sikap yang kooperatif, responsif dalam menghadapi berbagai permasalahan yang dihadapi oleh bangsa ini," ucapnya.

Oleh karena itu, didalam menjalankan pemerintahan, kata Gonga, instansi daerah telah mengambil kebijakan-kebijakan strategis yang berkenaan, dengan perwujudan sistem pemerintahan yang baik dan bersih, yang mampu memberikan pelayanan publik yang prima dengan cepat, hemat, efektif dan efesien. 

"Dalam konteks ini, mutasi pejabat bernilai filosofis sebagai suatu penugasan, dan secara lebih bijak merupakan suatu amanah. Artinya, kualitas adalah entry point terpenting dalam menetapkan dan menentukan posisi seseorang untuk di tempatkan pada jabatan tertentu, the right man dan the right job," jelas Gonga.

Dirinya juga berpesan kepada para pejabat yang baru saja dilantik baik administrator, pengawas maupun fungsional, bahwa kepercayaan yang diberikan hendaknya mendapatkan respons yang sungguh-sungguh melalui kerja keras, serta respek dan loyal kepada pimpinan. 

"Tunjukan  kinerja dan produktivitas kerja Saudara saudara, kembangkan kreativitas, inovasi dan profesionalisme. Disamping itu, benahi apa yang selama ini menjadi permasalahan atau kendala, sehingga kelancaran tugas dan hasil yang optimal dapat diperoleh jangan segan untuk belajar dan menambah pengalaman serta pengetahuan," ujar bupati dua periode ini.(Steven)