Posmalang.com - Batu, 16 Januari 2024 - Dinas Perdagangan Kota Batu melakukan perkenalan dengan 9 paguyuban PKL di Alun-alun Kota Batu di Kator Dinas Perdagangan Batu. Dalam pertemuan tersebut, Aris Setiawan dari Dinas Perdagangan didampingi oleh Kairo Latif Sekdin, Antok Kabid, dan Andre membahas program kerja yang akan dilakukan untuk bersinergi dengan PKL  Salah satunya Kartini Bawah ,laron dan food court,Lantai 2 Alun alun. di masa jabatan barunya setelah pindah dari Dinas Lingkungan Hidup ke Dinas Perdagangan.

 

Dalam pertemuan tersebut, diharapkan adanya kolaborasi dan saling berbagi informasi antara Dinas Perdagangan dan PKL Alun-alun Kota Batu. Hal ini sesuai dengan pesan dari PJ Walikota Batu, Aris Agung Paewai. Program kerja yang akan dijalankan akan berfokus pada pengembangan UMKM di sektor perdagangan, pertanian, dan pasar, serta memberikan wadah yang dapat digunakan oleh masyarakat Kota Batu.

 

Selama pertemuan, dan saling curhat dan mendengar pokok permasalahan  yang mungkin bisa di musyawarahkan Oleh Dinas Perdagangan beberapa PKL mengeluhkan sedikitnya perhatian dari pengunjung terhadap tempat berjualan mereka. Keluhan lainnya datang dari PKL di lantai 2 food court terkait masalah sampah. Harapannya, dinas terkait dapat mencari solusi untuk masalah ini dan menyampaikannya kepada pihak terkait.

 

Dalam menangani masalah sampah, Aris Setiawan menyampaikan bahwa ada dua cara penanganan yang dapat dilakukan. Pertama, dengan mengelola sampah secara desentralisasi, di mana sampah akan dikelola oleh para PKL sendiri. Kedua, dengan membentuk swadaya iuran sampah, di mana PKL akan membayar iuran sesuai dengan kesepakatan yang telah disepakati. Dalam hal ini, pihak ketiga juga akan dilibatkan dalam penanganan sampah. Untuk melaksanakan hal ini, rencananya akan dibentuk lembaga dari 9 paguyuban PKL untuk mengelola sampah dengan lebih baik.

 

(Red)