Posmalang.com - Batu, 22 Desember 2023 - Kantor Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Kota Batu resmi diresmikan pada Jumat (22/12/23) di Jalan Kartini 10, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu Kota Batu. Acara peresmian ini dihadiri oleh KADIN Jawa Timur, KADIN Kota Batu, TNI Polri, Ketua APEL Kota Batu, Pemuda Pancasila Kota Batu, Kwarcab Kota Batu, para pelaku UMKM Kota Batu, serta undangan lainnya.
 
Hendro Wahyu Wijoyono, S.Kom., selaku Ketua KADIN Kota Batu, menjelaskan bahwa dengan diresmikannya Kantor KADIN Kota Batu, diharapkan dapat menjadi mitra pemerintah dalam mewadahi dan membina para pelaku usaha kecil, menengah, maupun yang sudah besar. Selain itu, sinergi antara KADIN dan pemerintah diharapkan dapat terwujud.
 
"Dengan diresmikannya KADIN Kota Batu, diharapkan tercipta sinergi antara berbagai instansi, baik swasta maupun pemerintah, dalam hal pelatihan, pembinaan, dan perluasan pemasaran produk, terutama produk asli masyarakat Kota Batu. Selain itu, peran KADIN Kota Batu juga diharapkan dapat mengangkat produk kearifan lokal menjadi produk unggulan Kota Batu," ungkap Ketua KADIN Kota Batu.
 
Dr. H. Edi Purwanto, STP, MM., selaku Wakil Ketua Umum Pertanian dan Pangan KADIN Jawa Timur, juga menyampaikan beberapa poin penting dalam acara peresmian tersebut. Ia mengapresiasi keberadaan Kantor KADIN Batu yang diharapkan dapat menjadi wadah bagi pelaku usaha, kolaborasi antarinstansi, serta penguatan produk ciri khas Kota Batu.
 
"Kami dari KADIN Jawa Timur sangat senang dan mengapresiasi peresmian Kantor KADIN Batu. Keberadaan kantor baru ini bukan hanya sebagai simbol penting organisasi, tetapi juga menjadi pusat aktifitas yang menggerakkan roda organisasi. Kami berharap kantor baru ini menjadi tonggak konsolidasi potensi pelaku usaha di Batu, khususnya UMKM, dan KADIN Batu menjadi wadah untuk meningkatkan standar kelayakan produk UMKM yang akan dan sudah dipasarkan, sehingga dapat diterima dengan baik oleh pasar lokal, nasional, bahkan ekspor," tuturnya.
 
Dr. H. Edi Purwanto, STP, MM., juga menambahkan bahwa KADIN Jawa Timur fokus pada peningkatan SDM melalui program Vokasi, Rumah Kurasi Produk, dan dukungan ekspor.
 
"Harapannya, KADIN Batu semakin kuat berkolaborasi dengan semua pihak terkait, seperti Pemerintah Daerah, pelaku usaha, aparat keamanan, dan masyarakat Kota Batu. KADIN Batu menjadi garda depan dalam penguatan revitalisasi produk pertanian khas Batu, seperti apel dan jeruk, sehingga kekhasan Kota Batu tetap terjaga dengan baik," ujar Dr. H. Edi Purwanto, STP, MM., selaku Wakil Ketua Umum Pertanian dan Pangan KADIN Jawa Timur.
 
Red