Posmalang.com - BATU 6 Desember 2023 Galeri Raos di jalan Panglima Sudirman no 47, kota Batu, menjadi saksi dari pertemuan sejumlah pelukis nasional dalam acara pembukaan acara Pameran seni lukis. Sinergi Art Continuous. Acara ini mendapatkan sambutan hangat dari Ibu Irdina Larasati dan kehadiran Arif Sidik disambut dengan sambutan yang meriah untuk para peserta seniman yang mengapresiasi kegiatan pameran ini.

Kegiatan ini sendiri bertujuan untuk menarik minat 10 juta wisatawan untuk datang ke kota Batu, namun hingga saat ini baru tercatat 8 ribu pengunjung. Namun demikian, para pengunjung pariwisata sangat mendukung dan siap untuk membantu meningkatkan jumlah pengunjung ke kota tersebut.
Dalam kesempatan ini, Arif Sidik memberikan anggaran senilai 100 juta rupiah untuk para seniman lukis kota Batu. Beliau juga akan mengkolaborasikan semua jenis seni yang ada di kota tersebut. Selain itu, beliau juga berencana membangun Art Center yang akan menjadi fasilitas bagi para pelaku seni kota Batu dan sekitarnya. Hal ini diharapkan akan memberikan pengalaman berbeda bagi para wisatawan, tidak hanya dalam hal tempat wisata, tetapi juga seni dan budaya.

Momentum tersebut juga dipilih dengan sengaja pada hari Pancasila, dengan harapan agar para seniman lebih produktif dan inovatif dalam berkarya. Acara ini dihadiri oleh 30 pelukis perupa, baik perempuan maupun laki-laki, yang mayoritas sudah berusia diatas 45 tahun. Yang masih giat dan semangat jiwa seni nya.

Pada kesempatan tersebut, terdapat juga karya seni lukis dengan tema hutan kemarau. Beberapa karya menonjol, seperti "Selamat Pagi" oleh pelukis Haritono dari Surabaya yang menyempatkan diri untuk tampil. Karya tersebut menjadi perhatian banyak pengunjung.

Acara Sinergi Art Continuous ini merupakan upaya untuk menjalin kolaborasi antara seluruh pelukis di Indonesia. turut berpartisipasi dalam acara ini. Irdiana Larasanti beliau sendiri telah menghasilkan karya lukisan sejak sebagai pelukis di Ubud Bali sejak tahun 1987 dan karya yang di hasilkan hampir 1.000 karya lukis.

Irdiana Larasanti ,berharap bahwa Sinergitas Art Continuos ini bisa berlanjut dan berkelanjutan di masa depan. Hal ini juga menjadi harapan dari pengunjung lain
Terutama dari Fajar Junaedi  seorang seniman lukis senior kota Batu yang berharap acara ini dapat terus dapat berkontribusi dalam pengembangan sektor pariwisata dan seni kota Batu.

Red