Posmalang.com - Batu, 21 Desember 2023 - Dalam rangka menyambut Natal dan pergantian tahun 2023 ke 2024, Kepolisian Resor Batu menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin serentak di seluruh Indonesia. Operasi ini, yang diberi sandi "Ops Lilin Semeru 2023", dipimpin langsung oleh Kapolres Batu, AKBP Oskar Syamsuddin, S.I.K., M.T. Acara tersebut berlangsung di Jalan Gajah Mada Alun-alun Kota Batu pada hari Kamis (21/12/2023).
 
Tidak hanya dihadiri oleh Forkopimda Kota Batu, namun juga diikuti oleh tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat. Pasukan yang terlibat dalam operasi ini meliputi DENPOM, TNI AD dari Kodim 0818 Malang - Batu, Polres Batu, Satpol PP, Dishub, PMK, BPBD, Dinkes, Tagana, Pemuda Pancasila, Pramuka, Fokus, Rapi, Brantas, Orari, dan Senkom Kota Batu.
 
Dalam amanatnya, Kapolres Batu membacakan pesan dari Kapolri Jenderal Pol. Drs Listyo Sigit Prabowo, M.Si. Apel Gelar Pasukan ini merupakan tahap akhir pengecekan kesiapan personel dan sarana prasarana yang akan digunakan selama operasi. Tujuan utamanya adalah untuk memastikan kegiatan pengamanan perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) berjalan dengan optimal.
 
"Pengamanan Nataru merupakan tugas rutin yang harus kita pastikan berjalan dengan aman, nyaman, dan lancar. Seperti yang disampaikan oleh Bapak Presiden Joko Widodo, Natal dan tahun baru ini adalah rutinitas tetapi tetap harus direncanakan dan dipersiapkan dengan baik, terutama dalam hal transportasi, pasokan, dan distribusi bahan pokok," ujar Kapolres Batu.
 
Perayaan Nataru memiliki arti penting bagi masyarakat Indonesia dan berdampak pada peningkatan mobilitas masyarakat. Berdasarkan survei Kementerian Perhubungan RI, diperkirakan terdapat sekitar 107,63 juta orang yang akan melakukan pergerakan pada Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, meningkat sebesar 143,65% dibandingkan tahun sebelumnya. Selain itu, perayaan Nataru tahun ini juga bertepatan dengan masa kampanye Pemilu 2024, sehingga memerlukan kewaspadaan yang lebih tinggi.
 
Untuk menjaga keamanan selama Nataru, Polri bekerja sama dengan TNI, Kementerian/Lembaga terkait, Pemerintah Daerah, Mitra Kamtibmas, dan stakeholder terkait lainnya menggelar Operasi Kepolisian Terpusat dengan sandi "Operasi Lilin 2023" selama 12 hari, mulai tanggal 22 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024. Operasi ini melibatkan 129.923 personel dari TNI-Polri dan stakeholder terkait lainnya, yang akan ditempatkan di 1.668 pos pengamanan, 670 pos pelayanan, dan 113 pos terpadu untuk menjaga keamanan di 49.676 objek pengamanan.
 
Kapolres Batu mengungkapkan bahwa Operasi Lilin Semeru 2023 akan melibatkan 539 personel gabungan dari TNI-Polri, instansi terkait, dan elemen masyarakat lainnya. Mereka akan ditempatkan di 6 Pos Pengamanan (Suhat, Pesanggrahan, Bendo, Pujon, Ngantang, Kasembon) dan 1 Pos Pelayanan di wilayah hukum Polres Batu.
 
"Dengan sinergitas ini, kami berharap dapat memberikan rasa aman dan nyaman kepada seluruh masyarakat selama perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 ini," harap AKBP Oskar.
 
Setelah pelaksanaan Apel Gelar Pasukan, dilanjutkan dengan kegiatan Press Release Tahun 2023, pemusnahan barang bukti miras, narkoba, dan knalpot brong. Acara tersebut dihadiri oleh Forkopimda Kota Batu, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan rekan media Polres Batu

Red