Posmalang.com - BATU- Lembaga Perlindungan Konsumen (LPK) kota Batu. Dalam rangka memperluas  jaringannya guna memberikan layanan perlindungan konsumen dan bantuan hukum kepada masyarakat, secara resmi membuka kantor KORDES (Koordinator Desa) yang berlokasi di Dusun Lemah Putih RT 2/RW 10  Desa Sumber Brantas kota Batu, Minggu 24/12/2023.
S.Herminto SH, Ketua LPK kota Batu dalam kesempatan tersebut mengatakan, perlunya dibentuk Koordinator Desa Lembaga Perlindungan Konsumen dan Bantuan Hukum disetiap desa/kelurahan di kota Batu agar permasalahan mengenai perlindungan konsumen bisa cepat terselesaikan dengan penanganan yang tepat.

"Mungkin selama ini masyarakat di desa masih belum paham benar  tentang  apa itu Lembaga  Perlindungan Konsumen (LPK)," Katanya.
Lebih lanjut, Pak Minto panggilan akrabnya menjelaskan kepada pengurus Kordes yang baru dilantik, " Bahwa, LPK kota Batu adalah Lembaga yang bekerja menjalankan tugasnya dalam memberikan pendampingan perlindungan kepada masyarakat yang mengalami permasalahan dan perlu dibela hak-haknya sebagai konsumen. Dan, LPK kota Batu  ini dibentuk dan bekerja menjalankan  tugasnya  berdasarkan undang-undang Negara Republik Indonesia, bukan berdasarkan AD/ART," jelasnya.

"Dari 178 LPK yang ada diseluruh Indonesia, LPK kota Batu bertengger diurutan ke 78. Jadi Lembaga kita ini resmi dan bekerja menjalankan tugasnya berdasarkan undang-undang Negara Republik Indonesia dan LPK kota Batu sudah ada sejak tahun 2009, "terang Pak Minto kepada pengurus Kordes.

Rika, salah satu pengurus merasa sangat senang dengan hadirnya  LPK kota Batu Kordes Sumber Brantas ini.

"Terimakasih, Saya sangat senang sekali, sekarang kami warga masyarakat  desa jadi lebih paham apa itu Lembaga Perlindungan Konsumen. Terus terang selama ini kami tidak mengerti dengan LPK. Dengan hadirnya LPK kota Batu disini semoga membawa perubahan dan  permasalahan yang selama ini banyak menimpa warga disini kedepannya bisa dibantu. Maklumlah, kami masyarakat desa banyak yang tidak mengerti terutama bila terjadi permasalahan hukum  dan ternyata di LPK kota Batu juga ada Lembaga Bantuan Hukum (LBH), " semangatnya, diamini oleh Susilo salah seorang pengurus yang ikut dilantik.

Perlu diketahui, Kordes Sumber Brantas ini merupakan Kordes pertama LPK kota Batu dan akan dikembangkan terus  disetiap desa dan kelurahan.

Ariad . Red