Posmalang.com - BATU Pagi ini, Kapolres Batu AKBP Oskar Syamsuddin dan jajaran menyambut kedatangan PJU Polda Jatim yang akan melaksanakan kunjungan kerja dalam kesiapan Ops Lilin Semeru 2023 Polres Batu. Kunjungan tersebut bertempat di Lapangan Dadaprejo Kec. Junrejo Kota Batu. PJU Polda Jatim yang hadir dalam kunjungan ini adalah KARO SDM, DIRRESKRIMUM, DIRLANTAS, dan KABIDLABFOR Polda Jatim. Sebelumnya, mereka telah melaksanakan patroli udara dengan menggunakan helikopter dan tiba di Lapangan Dadaprejo untuk melaksanakan survei darat pada pelaksanaan Operasi Lilin Semeru 2023.
 
Kunjungan ini bertujuan untuk mengecek kesiapan Polres Batu dalam pelaksanaan Ops Lilin, memantau jalur lalu lintas di kota wisata, meninjau tempat wisata JTP 3, serta pelayanan Pos PAM dan Pos Yan di wilayah hukum Polres Batu. Rombongan PJU Polda Jatim bersama Kapolres Batu dan jajaran melakukan peninjauan arus lalu lintas dan kunjungan wisatawan di Kota Batu. Mereka pertama-tama meninjau Tempat Wisata Jatim Park 3 Kota Batu dan selanjutnya ke Pos Pelayanan di Alun-alun Kota Batu.
 
Selama kunjungan ini, Kombes Komarudin dari Satgas Opsda Ops Lilin Semeru Nataru menyampaikan bahwa hasil pantauan dari udara menunjukkan bahwa arus lalu lintas di akses tol terpantau landai dengan adanya penurunan jumlah kendaraan masuk ke wilayah Jatim. Selain itu, tingkat kunjungan wisatawan di Kota Batu juga cukup tinggi, menjadikannya sebagai kota destinasi wisata yang populer. Dalam menghadapi tingginya kunjungan ini, rekayasa arus lalu lintas telah diberlakukan untuk menghindari kemacetan.
 
Di Jatim sendiri, terdapat kepadatan arus lalu lintas di Pasuruan, Probolinggo, dan Malang Raya karena banyak pengendara yang menuju objek wisata seperti Bromo, Kota Batu, dan Taman Safari. Namun, petugas telah melakukan rekayasa lalu lintas untuk memperlancar arus. Prediksi puncak arus lalu lintas gelombang pertama (libur Natal) terjadi pada Minggu kemarin sebagai puncak kendaraan masuk Jatim, sedangkan hari ini menjadi puncak kendaraan keluar Jatim. Sedangkan prediksi puncak gelombang kedua (libur tahun baru) untuk kendaraan masuk diprediksi akan terjadi pada 28 Desember 2023 dan kendaraan keluar pada 1 Januari 2024.
 
Meskipun terdapat beberapa titik kemacetan karena penyempitan jalur dan persimpangan jalan, arus lalu lintas selama libur Natal di Kota Wisata Batu terbilang lancar. Selain melakukan pengecekan kesiapan Polres Batu dalam pelaksanaan Ops Lilin, PJU Polda Jatim juga memberikan bingkisan kepada Personel Pos Yan Polres Batu sebagai semangat dan motivasi dalam pelaksanaan pengamanan Nataru 2023-2024.
 
Red