Posmalang.com - BATU 9 November 2023 Dalam rangka meningkatkan kualitas kinerja penyuluh agama Islam di Kota Batu, Kabid Penais Zawa Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur mengadakan kegiatan monitoring evaluasi. Acara ini dihadiri oleh seluruh jajaran Penyuluh Agama Islam, baik PNS, PPPK dan Non-PNS, di Kantor Kementerian Agama Kota Batu.

Acara ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja kepenyuluhan para penyuluh agama Islam di Kota Batu. Salah satu permasalahan yang menjadi fokus dalam evaluasi ini adalah adanya pernikahan dini yang sering didaftarkan ke KUA di Kota Batu. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kehamilan sebelum akad nikah.

Peraturan pemerintah menyebutkan bahwa usia minimal calon pengantin adalah 19 tahun, baik untuk laki-laki maupun perempuan. Namun, banyak pasangan muda yang mendapatkan surat dispensasi dari Pengadilan Agama karena berbagai alasan.

Namun, permasalahan muncul setelah pernikahan ini terjadi. Pasangan muda ini seringkali masih kurang matang dalam pemikiran dan emosinya. Hal ini membuat dikhawatirkan bahwa pernikahan mereka tidak akan berlangsung lama.
Para penyuluh agama Islam di Kota Batu merasa ingin berperan dalam mengurai problematika ini. Salah satu caranya adalah dengan mendampingi para pasangan muda ini untuk menjaga keberlanjutan pernikahan mereka. Namun, masih terdapat beberapa kendala di lapangan, seperti tidak adanya regulasi yang lebih spesifik dalam penanganan masalah ini, kurangnya anggaran untuk menopang kegiatan, serta kurangnya dukungan dari orangtua pasangan muda tersebut.

Diharapkan, melalui evaluasi ini, dapat ditemukan solusi terbaik dalam memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat. Pengawasan dan evaluasi terhadap kinerja penyuluh agama Islam di Kota Batu akan terus dilakukan agar permasalahan seperti pernikahan dini dapat diminimalisir dan keberlanjutan pernikahan dapat terjaga dengan baik.

Acara evaluasi ini diadakan di ruang rapat atau ruang tamu Kantor Kementerian Agama Kota Batu. H.M. Fahrudin Ghozali, Lc., M.Pd., selaku Penyuluh Agama Islam Kecamatan Bumiaji, juga hadir dalam acara tersebut sebagai salah satu narasumber. Dengan adanya acara ini, diharapkan tercipta sinergi antara seluruh pihak terkait untuk meningkatkan kualitas dan pelayanan kepenyuluhan di Kota Batu.

Red