Posmalang.com BATU Pada hari Kamis, tanggal 17 November 2023, dilakukan serah terima sertifikat halal kepada para pedagang kaki lima (PKL) di Alun-Alun Kartini Bawah Kota Batu. Acara ini dihadiri oleh ketua paguyuban PKL, Juned, yang menyampaikan ucapan terima kasih atas sertifikat halal yang diberikan kepada tim Pendamping Proses Produk Halal (P3H) dari LP3H Halal Center Cendekia Muslim (HCCM). LP3H ini merupakan bagian dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH).

Dalam acara tersebut, Dian Lestari Kartika Wardhani, SE, yang merupakan Kepala Cabang HCCM Kota Batu, juga turut hadir. Kantor HCCM Kota Batu berlokasi di Perum. Griya Permata Alam blok ik-4, Ngijo, Karangploso. Dian Lestari Kartika Wardhani, SE, ditunjuk sebagai Kepala Cabang HCCM Kota Batu oleh Lembaga HCCM.
Dalam proses pendampingan untuk sertifikasi halal jalur self declare, terdapat 21 anggota paguyuban Kartini Bawah Alun-Alun Kota Batu yang didampingi oleh Dian Lestari Kartika Wardhani, SE. Dari 21 anggota tersebut, baru-baru ini 21 orang telah menerima sertifikat halal. Diantaranya:
Anggota kartini bawah:
1. Muhammad Mahmud (sempol boboho)
2. Purnomo (jasuke micky)
3. Yunus medy utomo (warkop mas yunus)
4. Alpan Dodi (ice cream waffle bang wid)
5. Intan permata sari (cotton candy)
6. Heky wahono (sempol & telur gulung)
7. Nurul hidayati (mozzarella baby boss)
8. Elvyra .J (STMJ Mantan)

Sejalan dengan arahan dari Menteri Agama dan BPJPH, makanan dan minuman yang didistribusikan harus memiliki sertifikat halal sebelum tanggal 17 Oktober 2024. Setelah tanggal tersebut, akan diberlakukan sanksi bagi mereka yang belum memperoleh sertifikat halal.

Dengan adanya sertifikat halal, diharapkan para PKL di Alun-Alun Kartini Bawah Kota Batu dapat memberikan rasa aman kepada konsumen dan meningkatkan kepercayaan terhadap produk yang dihasilkan. Hal ini juga sejalan dengan target Pemerintah Kota Batu untuk mengeluarkan 1001 sertifikat halal untuk produk makanan dan minuman.

Dengan adanya kerjasama antara paguyuban PKL, LP3H Halal Center Cendekia Muslim, dan BPJPH, diharapkan seluruh PKL di Alun-Alun Kartini Bawah Kota Batu dapat memenuhi persyaratan sertifikasi halal dan memberikan kepastian kepada konsumen bahwa produk yang mereka jual telah terjamin kehalalannya.

Red