Liang, mitrapers.onenews.co.id,- Dinas Ketahan pangan kabupaten Banggai kepulauan sejak jumat dan sabtu 22 juli 2023 meluncurkan bantuan beras kepada masyarakat di Desa Liang, Kecamatan Liang Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep), Sulawesi Tengah.

Beras bantuan yang di bagikan adalah untuk para kepala keluarga Pra sejahtera sedangkan untuk ASN,TNI Polri tidak kebagian kata Sekdes desa Liang Mujarmin Tauda kepada Media Mitra pers.bangkep

Jumlah keseluruhan yang mendapat bantuan beras dari dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bangkep ini, untuk masyarakat Desa Liang adalah 150 Kk.

Dari 150 Kk masyarakat Desa Liang masing masing mendapatkan 3 kg perjiwa,oleh karenanya per kk berbeda banyaknya beras yang di terima.ada yang 9 kg,Ada yg 3 kg,dan 6 kg yg hanya 2 jiwa anggota keluarga di rumah demikian pengaturan dari kantor desa kata Sekdes Liang yang akrab di panggil papa Rifai.

Sekdes Liang Mujarmin Tauda yang akrab di panggil papa Rifai mengatakan penyaluran beras bantuan dari Ketahanan pangan Kabupaten Bangkep ini selain untuk mengatasi rawan pangan juga adalah bagian usaha dari pemda bangkep untuk menekan inflasi juga menurunkan tingkat Stunting di bangkep termasuk di desa Liang. 

Menurut salah seorng anggota masyarakat yang tidak mau di sebutkan namanya.sangat berterima kasih kepada pemerintah desa Liang yang telah menyalurkan bantuan beras dari dinas Ketapang,seumur umur saya tinggal di desa ini,baru kali ini saya mendapat bantun seperti ini dari desa,namun tetap mensyukurinya.kwalitas beras yang di bagikan juga bagus,putih bersih harum dan enak.

Anggota masyarakat ini berharap kirannya ke depan Pemda Bangkep tetap menyalurkan bantuan yang sama ke seluruh masyarakat bangkep mengingat cuaca dan kondisi alam saat ini yang membuat masyarakat dan Nelayan kecil tidak dapat melaut yang di karenakan ombak dan angin kencang.

Untuk perahu body dan kapal kapal Pajeko yang masi bertahan turun menangkap ikan,tetapi nelayan yang mengandalkan perahu viber harus jeli melihat kondisi alam apakah harus turun memancing hari itu atau istirahat.di karenakan angin kencang dan hujan yng tidak menentu. (Victor Reppie)