Luwuk Utara, mitrapers.onenews.co.id,- Setelah menunggu selama 2 Minggu sejak pengantaran harta perkawinan, tepatnya Jumat (7/7/2023) akad Nikah dan resepsi pernikahan antara mempelai Muhammad Ardiansyah Kadir dan mempelai perempuan Alda Masaroni dilaksanakan.

Hadir pada acara pernikahan tersbut Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Luwuk Utara, Imam Dusun 3 Desa Biak, Kades Biak, sekdes Ipin Soden, Keluarga Rustam Djanggo, Keluarga Mad Dukalang, Keluarga besar kedua mempelai dan para undangan.

Pelaksanaan Akad Nikah tersebut dipimpin langsung Kepala Kantor Urusan Agama Luwuk Utara didampingi Imam Dusun 3 Biak dan saksi, kedua mempelai tampil menggunakan Gaun pengantin khas daerah Balantak dengan corak dominan warna kuning.

Penggunaan pakaian adat khas Balantak tersebut dikarenakan Rahmat Masaroni adalah ayah kandung dari mempelai Perempuan Alda Masaroni yang berasal dari suku Balantak, sementara ibu kandungnya Rusna Lasean adalah penduduk Desa dengan latar belakang suku campuran antara Saluan dan Gorontalo.

Kegiatan prosesi pernikahan kedua mempelai kali ini dikemas dalam susunan acara yang dimulai dari Pembukaan, Pembacaan Ayat Suci Al Qur'an, Pembacaan Do'a yang dirangkaikan dengan jamuan makan malam, Sambutan Wakil Keluarga kedua mempelai, selanjutnya Foto bersama dan terakhir acara penutup.

Diketahui bahwa mempelai laki-laki Muhammad Ardiansyah Kadir adalah putra ke-3 dari keluarga Aldun Kadir dan Ria Monoarfa yang mempersunting mempelai wanita Alda Masaroni, putri ke-3 dari keluarga Rahmat Masaroni dan Rusna Lasean keduanya sama-sama berdomisili di Dusun 3 Leoknyo Desa Biak, Kecamatan Luwuk Utara, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah.

Usai Akad Nikah dikediaman orang tua Alda Masaroni, acara dilanjutkan dengan resepsi yang di awali dengan Pembacaan ayat Suci Al-Qur'an surat An-nisa yang dilantunkan oleh Rahmi Pago dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh Asri Pago selaku Imam Masjid Dusun 3 Leoknyo Desa Biak.

Selanjutnya, dalam sambutannya mewakili keluarga kedua mempelai, Sekdes Desa Biak, Ipin Soden menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu, sehingga pelaksanaan akad nikah hingga resepsi pernikahan ananda Muhammad Ardiansyah Kadir dan Alda Masaroni dapat berjalan dengan baik.

Ucapan terima kasih disampaikan pula kepada para undangan yang telah sudih menghadiri hajatan keluarga kedua mempelai serta permohonan maaf bila dalam pelaksanaan prosesi akad nikah hingga resepsi pernikahan maupun penulisan undangan terdapat kekeliruan kiranya bisa dimaklumi dan atasnya selaku keluarga kami mengucapkan permohonan maaf yang sedalam-dalamnya.

Ipin Soden dalam pesan singkatnya menyampaikan pula permintaan doa restu kepada para tamu undangan dan khusus kepada kedua mempelai Ipin berpesan agar dalam mengarungi bahtera rumah tangga selalu menjaga ketaatan kepada Allah SWT dan Rasulnya serta memperlakukan Istri atau Suami sesuai syariat Agama Islam dan aturan yang berlaku.

Hal ini kata Ipin perlu dijadikan pegangan dalam berumah tangga sebagaimana ikrar sighat takliq yang baru saja di ucapkan agar nantinya menjadi keluarga yang samawa Dunia dan Akhirat serta dikaruniai keturunan yang Shaleh dan shalehah.

Usai sambutan keluarga, acara dilanjutkan dengan foto bersama keluarga keluarga mempelai dan handai Tolan. Acara pernikahan yang terbilang aman dan lancar tersebut kemudian ditutup dengan ucapan hamdalah oleh pengarah acara. (Rin).