Luwuk - Mewakili Bupati Banggai, Asisten 3 Setda Banggai Drs. H. Muh. Kamin Datu Adam, M.Si menghadiri acara peringatan Hari Ulang Tahun media Berantastipikor Ke-1 bertempat di Gedung Graha Pemda Banggai jln. Jend. Ahmad Yani Kecamatan Luwuk, Kabupaten Banggai Sulawesi Tengah pada Senin (3/7/2023).

Dalam laporannya, Ketua Panitia Pelaksana Milad Ke-1 media Berantastipikor Tambrin Kubo menyampaikan bahwa pelaksanaan Milad Ke-1 kali ini diikuti oleh peserta sesuai undangan berjumlah 250 orang dengan biaya berasal dari bantuan awak media Berantastipikor dan juga bantuan dari pihak donatur yang tidak mengikat.

Lanjut Tambrin Kubo, selaku Panitia mengucapkan Terimah kasih kepada semua pihak khususnya kepada Bupati Banggai Ir. H. Amirudin Tamoreka karena berkat dukungannya, acara Milad bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Pada Kesempatan yang sama, Pimpinan Media Berantastipikor Hermanius Burunaung pesan kepada awak media Berantastipikor agar dalamenjalankan tugas selaku jurnalis media Berantastipikor harus mengedepankan kode etik Jurnalis.

Tak hanya itu, Herman sapaan akrabnya menghimbau agar selalu menjalin koordinasi dengan semua pihak khususnya pihak terkait sesuai isi pemberitaan serta pihak APH terkait agar dalam pemberitaan bisa menjadi bahan bacaan yang menampilkan informasi faktual dan berimbang sekaligus menjadi bahan edukasi kepada publik.

Masih dari Pimred Hermanius Burunaung, menyampaikan bahwa sejak berdiri pada 3/7/2022 atau dengan kata lain pada hari ini (3/7/2023) usia media ini sudah genap berusia 1 (satu) tahun, media Berantastipikor kerap mengalami tantangan namun pihaknya terus berupaya keras menjalankan tugas selaku corong masyarakat dengan menyajikan informasi berdasarkan kondisi lapangan secara faktual dan berimbang.

Selanjutnya, saat membacakan sambutan tertulis Bupati Banggai Ir. H. Amirudin Tamoreka, Asisten 3 Setda Banggai Drs. Muh. Kamin Datu Adam, M.Si menyampaikan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi keberadaan media di Kabupaten Banggai khususnya Media Berantastipikor yang saat ini melaksanakan Milad Ke-1 tahun.
 
Lanjutnya lagi, media adalah mitra kerja pemerintah daerah dalam mendukung suksesnya pelaksanaan pembangunan di semua bidang. 

Bupati Banggai juga menyampaikan bahwa melalui Milad Ke-1 media Berantastipikor hari ini menjadi  momentum untuk mengasah diri dan mengasa kualitas produk jurnalistik dalam usaha menyajikan informasi sekaligus mengedukasi publik serta peran-perannya dalam usaha pemberantasan korupsi di wilayah Kabupaten Banggai.

"Melalui pelaksanaan Milad Ke-1 ini, media Berantastipikor diharapkan bisa lebih giat lagi meningkatkan kualitas produk jurnalistiknya sehingga apa yang menjadi harapan kita semua dalam mendukung program pembangunan pemerintah daerah dapat berjalan dengan baik", tuturnya.

Ditambahkannya pula bahwa khusus Tindak pidana korupsi (Tipikor) sebagai tindak pidana primair yang berdampak sangat luas karena tidak hanya merugikan orang perorang namun juga merugikan kepentingan bangsa dan negara tentunya peran-peran media sangat dibutuhkan guna membantu pengawasan jalannya roda pemerintahan baik ditingkat Desa maupun ditingkat Kabupaten.

"Harapan kami, keseriusan pihak media sebagai instrumen jalannya roda pemerintahan dan kemasyarakatan tentu pengawalan sekaligus pengawasan dari pihak media sangat kami harapkan terutama pihak media bisa menyajikan informasi melalui suguhan berita aktual dan terupdate, lugas, terpercaya dan tentunya berimbang", ucapnya.

Ditempat yang sama, Kapolres AKBP. Ade Nuramdani, SH, S.I.K, MH melalui Kasi Humas Polres Banggai IPTU. Al Amin menyampaikan bahwa media adalah mitra kerja Kepolisian khususnya Polres Banggai yang selama ini selalu bergandengan tangan dalam menciptakan suasana yang kondusif serta membantu dalam usaha penegakan hukum di wilayah kerja Polres Banggai.

"Media adalah mitra kami dan kami tidak anti kritik, kami juga butuh teman-teman media sebagai corong publik serta kami pun selalu terbuka dengan semua media tak terkecuali", kata Kasi Humas Polres Banggai IPTU. Al Amin.

Lanjut Kasi Humas IPTU. Al Amin, mengapresiasi kinerja semua media khususnya media Berantastipikor dan menghimbau agar terus berkarya sesuai bidangnya dengan mengedepankan etika jurnalistik sesuai ketentuan peraturan yang berlaku serta terus bersinergi guna menciptakan kondisi Kamtibmas ditengah masyarakat lebih-libih menyongsong Pemilu 2024 mendatang.

"Melalui kesempatan ini, kamienghimbau kepada rekan-rekan media agar membantu menciptakan suasana kondusif dengan tetap menjalankan profesi sesuai ketentuan yang berlaku, termasuk mencegah peredaran informasi yang belum jelas kebenarannya (Hoaks-red) terutama menyongsong Pemilu 2024 mendatang", tutupnya.

Usai sambutan-sambutan, acara dilanjutkan makan siang yang didahului Pembacaa  Doa oleh ustadz Marwin Ales.

Hadir pada acara Milad Ke-1 Media Berantastipikor, Bupati Banggai diwakili Asisten 3 Setda Banggai Drs. H. Muh. Kamil, Kajari Banggai diwakili Kasat Intel Kejari Banggai Firman, Kapolres Banggai diwakili IPTU. Al Amin, Dandim 1308/lb di wakili Peltu. Yusran, KPLP, KPH, Satpol-PP, Bawaslu Banggai, Orari Banggai diwakili oleh Ismail, Bosaanyo Pagimana Charles Binaba, Kabiro Buol Ruslan Hiala dan Crew, Sejumlah Wartawan dari Kabupaten Poso dan Morowali Utara, Kepala OPD atau Yang Mewakili, Camat yang sempat hadir, Kepala Desa yang sempat hadir, Ketua AJI Sulteng di Banggai, para awak media Berantastipikor serta Wartawan dari berbagai media baik media online maupun cetak yang ada di kota Luwuk. (Red)