Pagimana, mitrapers.onenews.co.id,- Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kabupaten Banggai dr. I Wayan Suartika, ME., bersama rombombongan melaksanakan kunjungan kerja di 4 Desa yang berada di Pulau Poat wilayah kecamatan Pagimana, Kabupaten Banggai Sulawesi Tengah.

Kunjungan kerja Kadis Kesehatan yang terbilang pertama kali tersebut dilaksanakan dalam rangka Kegiatan penyuluhan kesehatan melalui program Pelayanan Kesehatan Bergerak (PKB) Dinas Kesehatan Kabupaten Banggai tahun 2023 yang meliputi pemeriksaan kesehatan oleh dokter ahli penyakit dalam, dokter anak, dokter ahli jantung, paru dan dokter kandungan.

Kegiatan lain yang dilaksanakan, yakni pembinaan kader posyandu, penyuluhan kesehatan, penimbangan balita dan pemeriksaan air bersih

Bertolak dari pelabuhan rakyat Pagimana (3/7/2023), menaiki perahu menuju Pulau Poat dengan jarak tempuh lebih kurang 4 jam perjalanan laut, kunjungan kerja pelayanan kesehatan bergerak dimulai dari Desa Balaigondi. 

Salah satu dari 4 Desa yang dikunjungi Kadis Kesehatan Kabupaten Banggai dan rombongan yakni Desa Gomuo. Tiba di Gomuo (5/7/2023), rombongan Tim Kesehatan propinsi dan Kabupaten di bawah pimpinan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banggai tersebut diterima oleh Kepala Desa Gomuo beserta jajaran dan BPD serta masyarakat.

"Hari ini  Tim kesehatan yang turun ke Pulau Poat melaksanakan kegiatan pelayanan kesehatan bergerak di Desa Gomuo dan langsung melaksanakan kegiat Pelayanan Kesehatan, Program Kesehatan dan Pemantauan serta penuluhan Kesehatan lingkungan", tutur Kadis Kesehatan Kabupaten Banggai yang akrab disapa dr. Wayan.

Lanjut Kadis, sembari menuturkan kalau program Pelayanan Kesehatan Berjalan (PKB) tersebut adalah program kerja pemerintah melalui Dinas Kesehatan guna memberikan pelayanan langsung bagi kesehatan masyarakat di wilayah Kabupaten Banggai yang meliputi  program kegiatan pelayanan kesehatan primer, Kesehatan Ibu dan Anak (KIA)/Gizi anak, Program Kesehatan, PTM, Imunisasi, dll

Selama berada di Pulau Poat, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banggai bersama tim kesehatan Propinsi dan tim dokter Dinas kesehatan didampingi Kapus Pagimana serta staf Dinas Kesehatan melaksanakan kegiatan PKB di 4 (empat) Desa yakni Desa Balaigondi, Desa Tampe, Desa Bajo Poat dan Desa Gomuo. (Rin).

Kepada media ini (5/7/2023), Kadis Kesehatan Kabupaten Banggai menyampaikan pesan kepada masyarakat agar senantiasa menjaga kesehatan dengan memperhatikan kebiasaan hidup sehat baik diri sendiri, keluarga dan lingkungan sekitarnya mengingat kesehatan adalah modal utama dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

"Saya menghimbau kepada masyarakat bukan hanya bagi 4 Desa di Pulau Poat, namun secara umum agar selalu memperhatikan pola hidup bersih dan sehat karena kesehatan adalah hal penting bagi setiap individu", tutupnya. (Rin)