Salakan - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Banggai kepulauan mengadakan Sosialisasi kepada para aparat desa yang berada di seluruh kecamatan di Banggai Kepulauan.

Kegiatan Sosialisasi mengenai kearsipan ini berlangsung untuk para aparat desa di 16 desa yang berada di kecamatan Liang kabupaten Banggai Kepulauan.

Kegiatan yang di buka langsung oleh Kadis Perpustakaan dan Kearsipan kabupaten Banggai Kepulauan Ramlin Hamid.S.Pd.M.Pd, berlangsung di gedung Balai Pertemuan Umum (BPU) samping kantor kecamatan Liang.jumat 28 juli 2023 pukul 14.00 wita.

Di hadiri oleh Camat Liang Irpan Majang.SH,Kabid Pengelolaan Keadilan Dinas Perpustakaan dan Keadilan Bangkep Suryani Bakri.S.Pd.M.Si, para sekdes dari 16 desa serta Kaur umum ini mendapat pembekalan dan informasi yang mana Segala bentuk Surat menyurat sudah harus melalui Aplikasi.

Suryani Bakri.S.Pd.M.Si membawakan materi mengenai Pengantar kearsipan juga  mengenai materi arsip statis serta mengenai materi tata kelola arsip Dinamis.

Materi arsip statis juga tata kelola arsip Dinamis ini di atur oleh peraturan Menteri dalam negeri no 83 tahun 2022.hal ini untuk menyeragamkan seluruh kearsipan yang ada di desa desa seluruh indonesia.

Dalam kesempatan tersebut,Kadis perpustakaan dan Kearsipan Bangkep Ramlin Hamid.S.Pd.M.Pd mengatakan, ke depan kirannya para aparat desa,Kaur umum dan sekdes bisa menata serta mengatur dengan baik dan rapi segala arsip arsip di desa agar tidak mudah tercecer dan jika di perlukan dengan mudah di temukan karena telah di atur dengan rapi dan baik.

"Dan dengan di sosialisasinya  mengenai tata kelola kearsipan dinamis serta arsip statis kiranya laporan laporan serta arsip arsip bisa di simpan dan bisa di buka langsung melalui Aplikasi kearsipan", tutup Ramlin Hamid.S.Pd.M.Pd. (Victor Reppie)