Jakarta - Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo menyambangi Kantor DPP PDI Perjuangan (PDIP) di Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta, Jumat (9/6/2023) pagi. Berdasarkan pantauan, Hary Tanoe dan rombongan DPP Partai Perindo tiba di halaman depan Kantor DPP PDIP pada Pukul 8.54 WIB.

Hary Tanoe dan rombongan akan membahas kerja sama politik atau koalisi dengan Ketua PDIP Megawati Soekarnoputri dalam rangka mengusung Ganjar Pranowo Capres 2024. Dalam pertemuan tersebut hadir juga Ganjar Pranowo serta Ketua DPP Puan Maharani dan Prananda Prabowo, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dan jajaran DPP PDIP.

Tampak rombongan DPP Perindo yang hadir mendampingi Hary Tanoe, yakni Ketua Harian DPP Partai Perindo Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi, Sekretaris Jenderal DPP Partai Perindo Ahmad Rofiq, hingga bacaleg Partai Perindo Ustadz Yusuf Masur.

Sebelumnya, Hasto Kristiyanto mengonfirmasikan jika pihaknya akan menerima DPP Partai Perindo besok, Jumat (9/6/2023) Kunjungan tersebut dalam rangka membahas kerja sama politik di Pilpres 2024.
"Besok pagi akan dilanjutkan dengan kerja sama politik bersama dengan Partai Perindo," ujar Hasto di kantor Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Kamis (8/6/2023).

PDIP, kata Hasto terus membuka diri membangun kerja sama politik dengan partai lain dalam menghadapi Pilpres 2024. Selain Perindo, tutur Hasto, PDIP juga akan terus berkomunikasi dengan Golkar, PKB dan PAN.

"Upaya untuk merajut suatu kebersamaan ini terus dilakukan baik itu juga dengan Golkar, kemudian dengan PKB, dengan PAN dan juga terakhir dengan Perindo," tandas Hasto.

Meskipun demikian, Hasto menegaskan PDIP tetap menghormati kedaulatan masing-masing partai politik dalam membangun kerja sama. Hanya saja, kata Hasto, PDIP mengedepankan semangat gotong royong dalam menghadapi Pemilu Serentak 2024 sehingga membuka ruang kerja sama politik dengan parpol lain.

"Prinsipnya dalam membangun kerja sama kami menghormati kedaulatan setiap partai politik," pungkas Hasto.

Hingga saat ini, PDIP telah membangun kerja sama politik dengan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Hanura untuk mengusung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. PAN juga sudah bertemu dengan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri dan jajaran DPP PDIP untuk membahas kerja sama politik di Pilpres 2024. (Red)

Laporan : Supriyadi (Korlip)