Toili - Kapolsek Toili IPTU Nanang Afrioko, SH, MH ikut mendampingi Komisi I DPRD Banggai dalam rangka Survey Lapangan lokasi jalur pipa Pertamina EP Donggi Matindok Field sekaligus bentuk tindak lanjut aspirasi masyarakat beberapa waktu lalu.

Berkaitan hal tersebut, Kapolsek Toili, menyebutkan bahwa saat kunjungan, membahas permasalahan sengketa lahan antara Pertamina EP Donggi Matindok Field dengan masyarakat, Senin (5/6/2023).

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Komisi I DPRD Banggai Irwanto Kulap, Kejari Banggai, Danramil 1308-03/Batui-Toili Kapten Inf. DK Basuki, FM Pertamina EP Donggi Matindok bersama managemen, serta masyarakat dan saksi-saksi.

IPTU Nanang mengatakan bahwa dalam survey lapangan ini tidak ada perdebatan karena hanya mengumpulkan keterangan saksi maupun dokumen kepemilikan lahan.

“Hasil survey ini selanjutnya akan dikaji dan dirapatkan kembali di DPRD Banggai,” katanya.

Kapolsek berharap, jika perselisihan ini dibiarkan terus larut, maka tak menutup kemungkinan akan merembes pada konflik horizontal yang berkepanjangan tanpa penyelesaian, meski TNI-Polri senantiasa selalu hadir menengahi..

“Meski tak dapat turut campur dalam mengenai status lahan, namun kepolisian tak akan membiarkan adanya ancaman yang dapat menganggu keamanan dan ketertiban,” tandas Kapolsek. (Red)