Bunta - Penilaian itu berasal dari beberapah tokoh pemuda dan tokoh masyarakat bahkan salah satunya adalah Kepala Desa, yang berada di Grup WhatsApp "INFO BUNTA" pada Kamis (15/6/2023).

Pasalnya di wilayah Kecamatan Bunta, Nuhon dan Simpang Raya kerap di landa Padamnya listrik PLN yang tidak beraturan.

Siti Arya dalam komentarnya di Grup WhatsApp menuliskan, *bunta nuhon simpang raya so boleh beli lampu petromax, yang pake spritus kong di pompa*, yang kemudian menuai protes dari anggota Group Watsapp.

Aleg dari Partai PDIP ini di Anggap Asal komen dan menyakiti perasaan masyarakat khususnya wilayah Dapil II yang sejatinya ia (Siti Arya - red) adalah salah satu Aleg Gender pendulang suara terbanyak dari Partai PDIP di Pileg 2019 silam.

Terpisah saat di konfirmasi oleh awak media tentang komentarnya, Ia mengatakan awalnya itu adalah candaan, tetapi jika di seriusi maka saya tanggapi juga dengan serius.

Menurut Siti Arya yang di kenal dengan Aleg perempuan yang pemberani dan Vokal bahwa ia mengetahui anggota dalam grup WhatsApp itu sebagian besar adalah orang-orang AT saat Pilkada kemarin.

Jadi, sebenarnya itu adalah  pantulan ke mereka yang dulunya sering teriaki Ganti Bupati Banggai agar Lampu PLN tak akan lagi sering Padam dengan motto (Banggai Terang).

"Namun janji itu sampai saat ini bahkan sudah mau di penghujung masa jabatan tidak terealisasi", Ucap Siti Arya.

Lanjut Siti Arya, pihak DPRD bukanlah ekskutif, beberapah waktu lalu pas di bulan ramadhan kami di komisi 3 sudah mengundang  Pihak PLN kaitan dengan sering terjadi pemadaman lampu di berbagai wilayah.

Dari pihak PLN menjelaskan sistem Luwuk memiliki listrik dengan kapasitas 23.250 Kilo Watt atau 23 Mega Watt, sedang beban puncak hanya mencapai 21.250 Kilo watt, sehingga terjadi surplus sekitar 2000 KW atau 2 MW, makanya lampu sering padam. 

Namun begitu, Siti Ariah menutup pembicaraan dengan nada himbauan sekaligus meyakinkan masyarakat Bunusi bahwa Pemda Banggai dalam hal ini Bupati Banggai terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan PLN di Bunusi.

"Sabar, yakin saja pemerintah daerah dalam hal ini Bupati Banggai terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat khususnya fasilitas penerangan PLN", tutup Aleg DPRD Banggai Dapil 2 dari Fraksi PDIP. (Ikbal S/tim)