Luwuk, mitrapers.onenews.co.id,- Pemerintah Desa Tontouan, Kecamatan Luwuk melaksanakan Pembinaan dan penyuluhan 10 Program Pokok PKK kepada pengurus PKK Desa Tontouan dan perwakilan para ibu rumah tangga pada Rabu, 17/5/2023.

Kegiatan ini dilaksanakan guna meningkatkan pemahaman dan kesadaran warga khususnya para kader dan anggota PKK Desa Tontouan akan pentingnya program Pokok PKK.


Diketahui bahwa PKK adalah organisasi kemasyarakatan yang menempatkan posisi perempuan setara dengan laki-laki untuk turut berpartisipasi dalam pembangunan.

Dengan maksud mewujudkan keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia dan berbudi pekerti luhur, sehat dan sejahtera, kesetaraan dan keadilan gender serta kesadaran lingkungan.


Kepala Desa Tontouan Sumitro Aliwu saat dikonfirmasi, kepada media ini mengatakan kalau kegiatan Pembinaan dan penyuluhan PKK tersebut dilaksanakan guna meningkatkan pengetahuan para ibu khususnya Kader dan Anggota PKK guna menunjang program pembangunan di Desa Tontouan.

Sebagai Desa yang dijuluki Kampung Pancasila, keberadaan PKK sangat berperan penting dalam membangun tatanan lingkungan dan kesadaran masyarakat dilingkup terkecil keluarga.

"Peran kader PKK sangat penting dalam pembangunan sehingga dipandang perlu dilakukan penyegaran pengetahuan akan tugas dan fungsi organisasi PKK di Desa", ucap Kades yang akrab dikenal Koac Bagong ini.

Kepala Desa Sumitro Aliwu menambahkan, bahwa materi yang disampaikan kepada peserta meliputi 10 program Pokok PKK, yakni ;

  1. Penghayatan dan Pengamalan Pancasila.
  2. Gotong – Royong.
  3. Pangan.
  4. Sandang
  5. Perumahan dan Tatalaksana Rumah Tangga.
  6. Pendidikan dan Ketrampilan
  7. Kesehatan
  8. Pengembangan Kehidupan Berkoperasi
  9. Kelestarian Lingkungan Hidup
  10. Perencanaan Sehat.
"Semoga dengan pelaksanaan pembinaan Program Pokok PKK ini para Kader PKK dapat menjalankan program yang kemudian ikut menunjang program kerja pembangunan di Desa Tontouan", tutur Kades yang juga sebagai Wakil Ketua PSSI Kabupaten Banggai ini.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Ketua PKK Kabupaten Banggai sekaligus sebagai narasumber, Ibu Halima Furqanuddin, Camat Luwuk Irfan Milang, Kades Tontoan Sumitro Aliwu selaku tuan rumah, BPD, Ketua dan segenap pengurus PKK desa Tontouan, aparat Desa Tontouan dan undangan lainnya. (Red)