Banggai Laut, Mitrapers.onenews.co.id,- Guna menerapkan pengelolaan keuangan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) yang terstandar, Bupati Banggai Laut (Balut), Sofyan Kaepa, SH bersama Sekretaris Daerah, Drs. Ruslan menghadiri pelatihan dan pendampingan SIPD BLUD (E-BLUD) yang diselenggarakan di Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia.



Turut mendampingi Bupati, Inspektur Inspektorat, Ramlan Hi. Sudding, SH, Kepala BPKAD, Moh. Hasbullah Talaba, SE, Direktur RSUD, dr. Christian Macpal, Sekretaris DRPD, Aryanto A. latta, SH, M.Si dan Kasubag Protokol, Syull Amygrant K. Dara, S.STP, M.A.P.

Pelatihan dan pendampingan E-BLUD ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari pada hari Selasa dan Rabu, 16-17 Mei 2023 dan diikuti oleh beberapa perwakilan dari RSUD dan BPKAD.

Pelatihan dan pendampingan aplikasi E-BLUD ini sangat penting yang dalam halnya untuk memberikan pengetahuan kepada seluruh BLUD dalam melakukan administrasi pengelolaan keuangan BLUD. Agar nantinya seluruh BLUD dapat menerapkan pengelolaan keuangan yang terstandar sesuai peraturan perundang-undangan dan standar akuntansi BLUD.

Acara tersebut menghadirkan narasumber dari Lembaga Pengkajian dan Penerapan Ilmu Administrasi Universitas Indonesia pada Pelatihan dan Pendampingan SIPD BLUD (E-BLUD), yaitu Adelia Putri, SE dan Bella Salsadila, SE dengan memaparkan materi tentang Pelaksanaan Anggaran dan pengelolaan Kas BLUD, Penatausahaan Pendapatan dan Penatausahaan Belanja dan Pembiayaan.

Dalam kesempatan tersebut, Dekan FIA UI, Prof. Dr. Chandra Wijaya, M.Si, MM juga memaparkan materi Pengembangan Kompetensi Melalui Pendidikan Gelar Fakultas Ilmu Administrasi Indonesia dengan menawarkan kerjasama untuk melanjutkan program magister pada Ilmu Administrasi.

Dengan adanya peluang kerjasama dengan Universitas Indonesia, Bupati berharap SDM Kabupaten Banggai Laut dapat terus meningkat dan dapat berdaya saing kedepannya sehingga dapat meningkatkan mutu layanan kepada masyarakat.

Hadir pula, Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian dan Kemahasiswaan, Dr. Fibria Indriati Dwi Liestiawati, S.Sos, M.Si, Sekretaris Fakultas, Dr. Umanto, S.Sos, M.Si dan Wakil Ketua LPPIA FIA UI, Bramana Purwasetya, S.Sos. (red)

Sumber : Prokopim Setda Balut.