Luwuk, mitrapers.onenews.co.id,- Bupati Banggai Ir. H. Amirudin, M.M membuka secara resmi kegiatan Seleksi Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Tingkat SD/SMP Kabupaten Banggai Tahun 2023 di pelataran Dinas Perizinan dan Penanaman Modal Kabupaten Banggai (Selasa, 16/5/2023).


Kegiatan yang bertemakan _Merdeka Berprestasi Talenta Olahraga Nasional_ ini diikuti oleh peserta didik dari SD dan SMP Negeri dan Swasta di Kabupaten Banggai.

Apresiasi besar diberikan oleh Bupati Amirudin kepada jajaran Dinas Pendidikan Kabupaten Banggai yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. Dalam upaya pembangunan olahraga, pemerintah akan terus mendukung kegiatan seperti ini.

Penyelenggaraan seleksi O2SN ini adalah sebagai tindak-lanjut pembinaan dan pelatihan olahraga pelajar di Kabupaten Banggai merupakan upaya Pemerintah Daerah untuk melaksanakan kebijakan dan mengkoordinasikan pembinaan dan pengembangan keolahragaan di daerah dalam rangka mewujudkan tujuan olehraga secara nasional.

"Olehnya itu, apresiasi dan terima-kasih saya sampaikan kepada seluruh pelatih, pembina dan pengurus organisasi olahraga atas keikutsertaannya dalam seleksi O2SN Tahun 2023 ini," kata Bupati Amirudin

Bupati Amirudin percaya, bahwa seluruh kontingen telah mempersiapkan atlet pelajarnya dengan maksimal dan berharap, akan memunculkan atlet terbaik yang akan membawa harum nama Kabupaten Banggai di tingkat provinsi maupun nasional.

Pembacaan Janji Wasit dan Janji Atlet juga menjadi bagian dari seremoni tersebut. Bupati Amirudin juga secara simbolis melakukan menyematan tanda-pengenal kepada para peserta.

Diakhir seremonial Pembukaan Seleksi O2SN tersebut, Bupati Banggai juga menyaksikan Gerak Dasar Senam Pelajar yang disajikan oleh para murid SDN Pembina Luwuk.

Turut hadir dalam pembukaan tersebut Kadis Pendidikan Kabupaten Banggai, Kadis Kesehatan, Kadispora, Kadis Perijinan dan Penanaman Modal Kabupaten Banggai, Kabag Prokopim Setda Banggai, Perwakilan Dinas Capil dan KeKependudukan Kabupaten Banggai, Camat Luwuk, Camat Luwuk Selatan, Camat Luwuk Utara Koordinator Pendidik Kecamatan se-Kabupaten Banggai, para Kepala Sekolah Peserta O2SN, dan para Wasit dan Juri masing-masing Cabang Olahraga serta undangan lainnya.
Seperti diketahui, kegiatan Seleksi Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Tingkat SD/SMP Kabupaten Banggai yang dibuka Bupati Banggai hari ini, akan dilaksanakan selama 3 hari, mulai tanggal 16-18 Mei 2023, dengan memperlombakan 6 cabang olahraga yakni atletik, renang, bulutangkis, pencak-silat, karate dan senam.

Adapun tempat pelaksanaan untuk Atletik SMP di GOR Kilongan, Atletik SD di Alun-Alun Bumi Mutiara Luwuk, Renang di Permandian Keles, Bulutangkis di GOR Kilongan, Pencak Silat di Padepokan Silat Gelora Luwuk, Karate di Sudarto Sport Center (SSC) Luwuk dan Senam bertempat di Padepokan Silat Gelora Luwuk. (***)

Sumber : Bagprokopim Setda Banggai.